9/18/2019

Dalam Dandelion Mungil Tersembunyi Kasih Tuhan

Kasih Tuhan, Mengenal Tuhan, firman Tuhan,

By Xiaohui, Jerman
Aku sering mendengar ibuku mengatakan bahwa dandelion baik untuk tubuh manusia, tetapi bagiku itu hanya tanaman biasa. Kemudian, melalui sebuah pertemuan kebetulan, aku mendapatkan pemahaman yang sama sekali baru tentang dandelion.
Tetanggaku adalah pasangan Tionghoa yang aku sebut kakak laki-laki dan kakak perempuan. Suatu kali, kakak perempuan itu mengundangku makan malam di rumahnya, dan ketika aku mengambil gigitan pertama dari salah satu hidangannya, aku bertanya kepadanya dengan penasaran: “Apa hidangan ini? Aku belum pernah memakannya sebelumnya.” Dia tersenyum dan berkata: “Ini dandelion. Kamu belum pernah makan dandelion?” Aku terkejut, dan menjawab: “Bukankah dandelion itu rumput liar?” Dia melanjutkan: “Dandelion itu bukan sembarang tanaman, itu tanaman obat yang dapat menghilangkan panas dan mendetoksifikasi tubuhmu! Ini sangat baik untuk tubuhmu.” Dia mengatakan ini, aku tidak bisa menahan diri untuk tidak mencicipinya lagi. Meskipun sedikit pahit, aromanya juga bersih dan rasanya enak. Saat itulah aku menyadari bahwa dandelion dapat dimakan sebagai sayuran.
Kakak laki-laki itu bekerja di restoran Swiss, dan dia mengatakan kepadaku: “Hidangan dandelion sangat populer saat ini di restoran. Banyak orang menyukainya.” Aku tidak menduga dandelion menjadi sangat populer. Kakak perempuan itu berkata: “Dandelion tidak hanya bisa dimakan sebagai sayuran, tetapi juga bisa dikeringkan dan disimpan. Kamu bisa menggunakan akarnya untuk membuat semacam sup, dan rutin memakannya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sup dari bunga dandelion juga dapat menghilangkan bintik-bintik dan menambah kecantikan.” Semakin mendengarkan, semakin aku kagum. Ternyata tanaman kecil mungil ini benar-benar harta karun!
Kemudian, aku menjelajahi internet untuk mempelajari lebih lanjut tentang khasiat dandelion, di sana aku menemukan bahwa dandelion mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia, termasuk skimmiol, alkohol dandelion, kolin, asam organik, dan inulin, selain sejumlah besar karbohidrat, protein, serta unsur dan vitamin yang meningkatkan kesehatan. Dandelion tidak hanya dapat digunakan sebagai makanan sehari-hari, tanaman ini juga memiliki nilai obat yang sangat baik. Tanaman ini dapat mengobati berbagai macam penyakit, meredakan panas berlebihan dan mendetoksifikasi tubuh, mempercantik kulit, menghilangkan bisul dan stasis, mencegah dan mengobati tumor, dan memiliki sifat antibakteri. Setelah membaca semua informasi tentang dandelion ini di internet, aku menyadari bahwa aku telah meremehkannya sepenuhnya. Aku tidak tahu bahwa dandelion kecil itu memiliki nilai yang sangat besar!
Kemudian, aku memetik beberapa dandelion dan membuat teh dengannya. Dalam waktu singkat, bengkak dan nyeri gusiku yang sering terjadi menghilang. Suatu kali, aku digigit oleh serangga tertentu, dan aku mengalami bengkak-bengkak merah. Tidak hanya bengkak, persendianku juga terlalu sakit untuk mengepal. Temanku menyarankan bahwa minum teh dandelion dan millet dapat membantu proses desinfeksi dan pembengkakan. Setelah beberapa hari meminumnya, tanganku benar-benar berhenti sakit, dan bintik-bintik merah pun menghilang.
Aku tidak bisa menahan kagum: Segala hal dalam ciptaan Tuhan itu sungguh menakjubkan. Bahkan gulma kecil yang tidak terlalu mencolok pun memiliki peran dan nilai tersendiri. Sebagaimana firman Tuhan mengatakan: “Di antara segala sesuatu, Tuhan menciptakan beberapa tanaman, hewan, dan segala jenis rerumputan yang terutama berguna untuk merawat luka atau mengobati penyakit pada manusia. Contohnya, apa yang engkau lakukan jika engkau terluka bakar atau tanpa sengaja tersiram air panas? Dapatkah engkau membasuhnya dengan air? Dapatkah engkau mencari secarik kain di suatu tempat dan membungkusnya? Bila demikian, lukanya akan bernanah atau menjadi infeksi. Contohnya jika engkau menderita demam, terkena flu, menderita luka karena pekerjaan fisik, sakit perut karena salah makan, atau menderita penyakit tertentu karena kebiasaan hidup atau masalah emosional, seperti penyakit pembuluh darah, kondisi psikologi atau penyakit-penyakit organ dalam─ada tanaman-tanaman yang sesuai untuk menyembuhkan semua penyakit ini. Ada tanaman untuk memperbaiki peredaran darah untuk mengatasi penyumbatan, menghilangkan rasa sakit, menghentikan pendarahan, memberikan anestesi, membantu orang memulihkan kulit normal, menghilangkan darah mampat dalam tubuh, dan menghilangkan racun-racun dari tubuh. Pendeknya, semuanya itu dapat dimanfaatkan dalam hidup sehari-hari. Tanaman-tanaman itu bermanfaat bagi manusia dan telah dipersiapkan oleh Tuhan untuk tubuh manusia jika diperlukan. Beberapa dari ini diizinkan Tuhan untuk secara tidak sengaja ditemukan oleh manusia, sementara beberapa yang lainnya ditemukan dari fenomena khusus tertentu atau oleh orang tertentu yang dipersiapkan Tuhan. Setelah ditemukan, umat manusia akan menurunkannya, dan kemudian banyak orang akan tahu mengenai hal ini. Dengan demikian ciptaan Tuhan atas tanaman-tanaman ini memiliki nilai dan makna. Pendeknya, semua hal ini berasal dari Tuhan dan dipersiapkan dan ditanam saat Dia menciptakan suatu lingkungan hidup bagi umat manusia. Semua ini sangat penting.
Dari firman Tuhan tersebut, aku melihat kebijaksanaan dan otoritas-Nya. Ketika Tuhan menciptakan manusia, Dia mempersiapkan lingkungan yang cocok untuk keberadaan kita. Makanan harian kita, dan bahkan berbagai tanaman obat yang kita butuhkan, sudah ada di sini dan siap untuk kita. Ketika kita sakit, kita dapat menemukan tanaman yang sesuai untuk membantu kita, untuk menghilangkan rasa sakit, menyembuhkan berbagai macam penyakit, menjaga kesehatan, dan memungkinkan kita untuk hidup secara normal. Sama seperti dandelion kecil ini, yang tidak hanya bisa dimakan, tetapi juga memiliki nilai obat yang bagus sekali. Gusiku yang bengkak dan menyakitkan serta iritasi kulit yang memerah dan membengkak sembuh dengan minum teh dandelion. Ini menunjukkan kepada kita bahwa tanaman yang tidak mencolok ini memiliki nilai dan kegunaan yang tak tergantikan.
Bagiku, hal ini semakin memperjelas kasih Tuhan untuk umat manusia. Seperti yang firman Tuhan katakan: “Tuhan mengasihi umat manusia, memedulikan dan menunjukkan perhatian…. Ia hanya menyediakan bagi umat manusia secara diam-diam, dengan cara-Nya sendiri dan melalui esensi-Nya, apa yang dimiliki-Nya dan siapa diri-Nya.” Udara yang kita hirup setiap hari, matahari dan hujan, dan semua obat yang kita gunakan untuk menyembuhkan semua jenis penyakit dan rasa sakit berasal dari Tuhan. Tuhan selalu peduli dengan umat manusia, jadi Dia menyediakan segala hal yang kita butuhkan, dan menyediakannya untuk kita dari generasi ke generasi tanpa imbalan. Tuhan benar-benar tanpa pamrih, dan watak-Nya benar-benar rendah hati dan tersembunyi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan